Minggu, 04 November 2012

CARA MEMBUAT STIKER TIMBUL


         Dengan postingan ini saya akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang bagaimana cara membuat stiker timbul, Mari kita baca penjelasan dibawah ini..!!

         Sebelum melangkah lebih jauh pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mencari jenis bahan stiker dulu, karena ada bahan yang tidak cocok untuk di jadikan stiker timbul contohnya stiker photo glossy,karena bahan tersebut tidak ada unsur plastiknya ( Vinyl), jadi itu jangan di pakai. Di sini akan saya jelaskan ada beberapa jenis bahan stiker yang dapat bisa di pakai untuk stiker timbul :
1. Hologram Seperti tampak pada gambar di bawah ini..!!

Jenis ini yang paling banyak di gemari oleh konsumen dan para pengrajin stiker, karena kwalitasnya bagus dan  sangat cocok untuk di buat stiker timbul. Kalau kena sinar matahari akan tampak bercak-bercaknya jadi itu kelebihannya stiker Hologram.





2. Vinyl Seperti tampak pada gambar yang ada di kanan. Jenis ini banyak macamnya ada kiwalite, 3 M, Scotlite, Graftek dan masih banyak lagi. Jenis ini jarang sekali dipakai untuk stiker timbul, tetapi banyak dipakai untuk pembuatan stiker cutting dan stiker biasa. Kalau kena sorotan cahaya lampu pada malam hari akan tampak nyala, Jadi itu kelebihan dari stiker Vinyl terutama pada stiker Scotlite. Terkecuali pada bahan stiker graftek tidak ada kelebihannya ini yang paling banyak di pakai untuk stiker biasa.



         Jadi mana yang harus kita pilih, tentu saja bahan stiker hologram. Saya juga paling banyak pakai stiker hologram, terkadang pakai bahan scotlite itu juga terpaksa kalau lagi kosong bahan hologram. Setelah kita siapkan bahan stiker lalu di potong-potong sesuai dengan ukuran yang akan kita buat, bentuknya ada yang persegipanjang, kubus/kotak, Bulat dsb. Sebelum di potong buatkan dulu polanya agar dalam penyablonan sesuai dengan ukurannya. Itu memotong secara manualpakai mesin cutting tapi resikonya didalam penyablonan suka ada melencengnya dari garis potong. Kalau saya suka memakai secara manual karena hasilnya memuaskan.

Setelah dipotong-potong kita melangkah ke media penyablonan, seperti tampak pada gambar yang ada dikiri.  Pakai tinta PPC yang bermerk biar ke kuatannya lebih lama. Selesai di sablon lalu di tempelkan ke meja kaca yang telah terpasang kertas lilis biar nantinya bisa di copot.  Kemudian ambil bejana plastik dan sendok makan untuk mengaduk / mencampur obat resin,  awas jangan salah membeli obat resin pilih saja yang berkode 1079 kalau sering di sebut namanya resin flexsible ( Elastis ). Setelah itu tuangkan obat resin kedalam bejana plastik yang telah di siapkan barusan, ambil dulu yang berkode A sambil di takar pakai apa saja yang penting hasilnya 2 : 1 atau di hitung tiap sendok makan lalu di campur pakai lical yaitu sebagai obat pengerasnya. Harus hati-hati didalam pencampuran jangan sampai melebihi batas yang ditentukan, karena hasilnya akan cepat mengeras. Selanjutnya di aduk sampai merata betul kemudian dituangkan ke dalam stiker yang telah di tempelkan ke atas meja kaca tadi. Menuangkan resin harus dengan sabar jangan tergesa-gesa, karena takut tumpah kemana-mana.

     Setelah selesai diresin, seperti tampak pada gambar yang di sebelah kanan. Cek satu persatu untuk pemerataan dan pengangkatan gelembung - gelembung kecil yang ada di dalam resin. Kemudian tutuplah meja tersebut dengan teriplek atau apa saja yang penting bisa menutupi, supaya tidak ada benda atau debu  yang nempel didalam resin. Sekarang tinggal tunggu mengering kira-kira 12 jam atau lebih.
  
  Begitulah cara pembuatan stiker timbul, mudahkan..??  tinggal praktekkan saja dirumah anda semoga bermanfaatnya bagi sobat yang hendak belajar membuat stiker timbul. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.

Saya siap menerima pesanan anda baik partai kecil maupun partai besar dengan syarat harus masuk dulu uang muka sebesar 50%, sebelum barang dikirim harus lunas dulu sisanya. Nanti akan dikirim ketempat anda.

Alamat Kami :
Jl. Caringin Gg. Lumbung IV RT. 03 RW. 05 No. 75 Bandung - Jawa Barat
Hp. 081321546220 / 087824064169

6 komentar:

  1. Haloo Pak..sekedar masukan aja…waktu sya googling sya dapat alamat web tempat jualan resin khusus untuk bikin2 sticker timbul dan setelah sya coba hasilnya ok banget…dan yang paling keren lagi harganya super kompetitif pak…barang kali bapak mau coba dan mungkin bisa menekan biaya untuk pembuatan sticker yang bapak produksi…berikut alamat webnya : http://www.resinlycal.web.id
    semoga bermanfaat.thanks

    BalasHapus
  2. *kertas lilis tuh apa ya?

    BalasHapus
  3. wah keren nihh pengen mencoba..
    coba kalo ada tutor video nya juga bang..mantep (y)

    BalasHapus
  4. cakep nih info nya, jadi ter inspirasi

    BalasHapus

- Silahkan berkomentar A_A
- Komentar jangan berbau Sara dan SPAM
- Berikan saran dan keritik untuk blog ini
- Terima kasih atas komentarnya